adiwiyata
MOTTO SDN KUDU II AKTIF, KREATIF, SEHAT, INDAH DAN IMAN

Friday 16 July 2010

PENGELOLAAN ASET MENGGUNAKAN APLIKASI SIMA

Apa itu SIMA ????


SIMA adalah kependekan dari Sistem Informasi Manajemen Aset Sarana-Prasarana Sekolah. SIMA itu sendiri berupa software yang digunakan untuk mendukung tim pengelolaan asset sarana-prasarana di tingkat Kabupaten/Kota maupun di tingkat sekolah. Baik dalam proses inventarisasi data, maupun dalam proses penyusunan tabel-tabel profil sarana-prasarana sekolah.

Aplikasi atau software pendukung itu sendiri bukanlah komponen utama, namun merupakan alat bantu dalam manajemen sarana-prasara sekolah. Sebagai sebuah aplikasi dan perangkat bagi inventarisasi aset SIMA bermanfaat dalam mempercepat/mempermudah proses survei, pencatatan dan inventarisasi umumnya, penyusunan profil sarana-prasarana di tingkat sekolah, yang kemudian diagregasi (digabungkan) di tingkat UPTD, selanjutnya kabupaten/kota sebagai Profil Sarana-Prasarana Sekolah.
Selanjutnya dapat dipergunakan sebagai masukan untuk mengusulkan rencana pemeliharaan, perbaikan, bahkan pengadaan sarana-prasarana sekolah.

Bagi Pemerintah Kabupaten/Kota profil sarana-prasarana sebagai salah satu hasil dari SIMA ini juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber data bagi penyusunan dan pemutakhiran data-base aset daerah yang dikelola oleh Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DP2KAD).

ini contoh dari cara pengisian data dengan aplikasi SIMA

Untuk wilayah Jawa Timur hanya Kab. Nganjuk yang memperoleh pelatihan ini dari DBE 1. Pesertanya hanya 2 Kecamatan yaitu Kertosono dan Tanjung Anom yang diwakili oleh 20 Sekolah SD maupun MI. Salah satunya SDN KUDU II, Kemarin tanggal 7 Juli 2010 hasil pengisian aset ini telah di laporkan ke Bupati dari data 20 sekolah tersebut.


Bupati bersama Mr. Michael dan perwakilan dari Kementrian Pendidikan

Bupati saat melihat hasil Laporan ASET dari 20 sekolah

Mr. Michael dan Kepala UPTD Kertosono beserta Kepsek dan Guru



0 comments:

Post a Comment