adiwiyata
MOTTO SDN KUDU II AKTIF, KREATIF, SEHAT, INDAH DAN IMAN

Thursday 14 January 2010

SDN KUDU II SEKOLAH ADIWIYATA

Program Adiwiyata adalah salah satu progam Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini diharapkan setiap warga sekolah dapat ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindarkan dampak lingkungan yang negatif.

Tujuan Program Adiwiyata adalah menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah agar menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah (guru, murid dan pekerja lainnya), sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan.

Program Adiwiyata dikembangkan berdasarkan norma-norma dasar dalam berkehidupan yang antara lain meliputi: kebersamaan, keterbukaan, kesetaraan, kejujuran, keadilan, dan kelestarian fungsi lingkungan hidup dan sumber daya alam.

Prinsip-prinsip dasar Program Adiwiyata adalah partisipatif (komunitas sekolah terlibat dalam manajemen sekolah yang meliputi keseluruhan proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sesuai dengan tanggung jawab dan peran) dan berkelanjutan (seluruh kegiatan harus dilakukan secara terencana dan terus menerus secara komprehensif).

Dalam mewujudkan Program Adiwiyata telah ditetapkan beberapa indikator yaitu: (i) pengembangan Kebijakan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. (ii) pengembangan Kurikulum Berbasis Lingkungan. (iii) pengembangan Kegiatan Berbasis Partisipatif. (iv) pengembangan dan atau Pengelolaan Sarana Pendukung Sekolah. Keempat indikator tersebut dijabarkan lagi menjadi beberapa kriteria yang lebih terperinci dan detail. Dan saat ini SDN KUDU II menjadi salah satu sekolah yang di tunjuk oleh Dinas Lingkungan Hidup Kab. Nganjuk untuk menjadi sekolah model Adiwiyata....

Demi kelancaran Program Adiwiyata Kami mohon Dukungannya terima kasih.....

0 comments:

Post a Comment